My Profil

Abner Sarlis Tindi, nama lengkap yang diberikan oleh kedua orang tuaku. Dilahirkan dari pasangan suami istri bernama Wenselaus Tindi dan Dorci Pade, tepatnya pada tanggal 10 April 1979 di Karatung, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara. Dibesarkan di lingkungan keluarga yang menganut agama kristen protestan, ner (Abner, sapaan akrab keluarga) rajin dan selalu taat menjalankan nilai-nilai kerohanian.

Pendidikan. Dalam perjalanan hidup, Pendidikan menjadi utama dalam hidupku. Adapun Riwayat pendidikan yang di tempuh adalah sebagai berikut:

  1. SD Negeri Inpres Karatung 1986 s/d 1991;
  2. SMP Negeri Karatung 1991 s/d 1994;
  3. SMU Negeri 1 Lirung 1994 s/d 1997;
  4. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA-AWS) 2001 s/d 2005;
  5. Program Pascasarjana (S2) Ilmu Komunikasi Fakultas Fisipol Universitas Gadjah Mada 2013 s/d 2015;
  6. Program Doktor (S3) Studi Kebijakan Universitas Gadjah Mada (PDSK UGM) 2016 s/d sekarang;

Dalam menempuh studi di Program pascasarjana (S2) UGM, saya mendapatkan beasiswa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI selama 2 tahun (4 semester).

Organisasi. Pengalaman di bidang organisasi baik organisasi politik maupun sosial pernah di jalani. Pernah menjadi Wakil Sekretaris I Partai Kristen Indonesia Provinsi Jawa Timur 2001 s/d 2004. Setelah itu Pernah menjadi Ketua Partai Damai Sejahtera (PDS) Provinsi Bengkulu 2007 s/d 2009, sekaligus sebagai Calon DPR RI urut 1 PDS Provinsi Bengkulu pada Pemilu 2009. Pada tahun yang sama (selesai pemilu) mengundurkan diri sebagai anggota Parpol, sebagai salah satu syarat mengikuti seleksi CPNS. Sedangkan di organisasi sosial, pernah menjadi ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) pada Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma (2007). Selain itu, pernah menjadi Ketua Lembaga Pemberdayaan masyarakat (LPM) Desa Karatung selatan, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut, saat bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (2011). Pada tahun 2016, ditunjuk sebagai Anggota Politik, Hukum, dan HAM pada organisasi Persatuan Intellegensia Kristen Indonesia (PIKI) Kabupaten Sleman, DIY, saat menempuh Pendidikan S3 di Universitas Gadjah Mada.

Riset. Selain menimba Ilmu di Universitas Gadjah Mada dalam kapasitas sebagai Mahasiswa Tugas Belajar, juga terlibat dalam kegiatan riset di sebuah organisasi sosial bernama Partnership for Advancing Democracy and Integrity (PADI) Yogyakarta. Organisasi ini bergerak di bidang advokasi kebijakan dan kegiatan riset. Riset yang dilakukan beberapa di antaranya yaitu Kajian Village Assessment 2016 di Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Bintuni. Riset Geo-Literacy Nusa Utara di Sulawesi Utara. Riset Opini Wartawan Terhadap Pemerintah Kota Surabaya Tahun 2004. Riset Manajemen Komunikasi Daerah Perbatasan (Studi

Perjuangan belum selesai. Saya memiliki mimpi besar menjadikan Indonesia sebagai Pusat Pariwisata Dunia. Itulah alasan saya, mengapa saya terus menimba ilmu sampai ke jenjang Doktoral. Perjuangan ini saya sadari tidak mudah. Tapi saya percaya pasti bisa. Impian besar itu pasti terwujud.

Saya percaya, akan tiba saatnya generasi kami akan mengambil alih komando bangsa ini bahkan bangsa-bangsa. Maka, persiapan yang dilakukan ini dalam jenjang pendidikan adalah mempersiapkan diri ketika masa itu tiba. Bahkan impian besar, Visi menjadi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) terus dalam pergumulan. Saya percaya pasti bisa.

 

 

 

%d blogger menyukai ini: