Konsep Milenium: Indonesia Pusat Pariwisata Dunia


Setiap generasi ada masanya, setiap masa ada generasinya. Konsep Milenium, lahir sebagai jawaban atas pergumulan Generasi yang memikirkan kedamaian dan kesejahteraan alam semesta. Lahirnya konsep Milenium merupakan metamorfosis dari berbagai konsep keilmuan yang memuliakan kedamaian alam semesta.

Indonesia sebagai negara besar yang mendiami bumi ini, perlu berpikir untuk bisa berkontribusi bagi kelangsungan hidup manusia di muka bumi. Kontribusi Indonesia diwujudkan dalam bentuk perdamaian, kemakmuran, dan kesejahteraan dunia. Sudah saatnya, Indonesia menjadikan dirinya sebagai pemimpin bagi bangsa-bangsa di dunia. Indonesia harus mencatatkan dirinya sebagai bangsa yang berada di atas sejarah bangsa-bangsa di dunia. Berbagai ragam budaya, kearifan lokal, pola hidup baik berbangsa dan bernegara harus dipelajari oleh semua manusia di bumi ini, di sepanjang abad dan di segala tempat. Inilah yang melahirkan Konsep Milenium.

Konsep Milenium: Indonesia Pusat Pariwisata Dunia, jawaban terbaik bagi keberlangsungan hidup umat manusia di bumi. Indonesia sebagai sebuah bangsa besar, memiliki semua yang diimpikan banyak orang di muka bumi ini. Setiap orang harus datang ke Indonesia dan menikmati segala yang Indah. Di Indonesialah, setiap orang dari berbagai bangsa, suku dan bahasa di muka bumi ini akan melihat ‘taman eden’ yang hilang itu.

Konsep Milenium: Indonesia Pusat Pariwisata Dunia, dijabarkan dalam 4 (empat) poin yang sangat mendasar, yakni: (1) Indonesia Penasehat Ajaib bagi bangsa-bangsa di bumi; (2) Indonesia Bangsa Perkasa di bumi; (3) Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Kekal di Bumi Indonesia; (4) Indonesia Raja Damai di Bumi. Konsep inilah yang akan membuat orang berduyun-duyun datang ke Indonesia belajar cara hidup bangsa Indonesia.

Adapun penjelasan konsep ini sebagai berikut:

Pertama, Indonesia Penasehat Ajaib bagi bangsa-bangsa di dunia.
Indonesia harus menjadi penasehat ajaib bagi bangsa-bangsa. Generasi bangsa Indonesia harus memiliki kapasitas kebijaksanaan yang mumpuni. Indonesia harus mampu memberikan solusi bagi segala persoalan yang timbul di setiap negara/bangsa yang ada di bumi ini. Politik luar negeri bebas aktif membuat Indonesia menjadi sahabat bagi segala bangsa di bumi. Tidak ada keberpihakan atas siapapun, dan solusi yang ditawarkan selalu menguntungkan berbagai pihak.

Kedua, Indonesia Bangsa Perkasa di Bumi.
Indonesia harus perkasa di bumi dalam berbagai bidang. Keperkasaan itu sebagai bentuk kemandirian serta keteguhan (kedaulatan) hatinya dalam menjalankan prinsip hidup bangsa yang di lihat dari sektor:
– Politik. Indonesia harus memiliki political will yang exelent. Keinginan politik yang mulia, tulus dan selalu mengupayakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia. Kekuatan politik Indonesia akan menjadikan bangsa-bangsa ‘takluk’ sehingga secara bersama-sama ikut menciptakan kemaslahatan umat manusia dalam berbagai kebijakan politiknya. Indonesia harus perkasa di bidang politik.
– Ekonomi. Indonesia harus perkasa di bidang ekonomi. Pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab dan berpihak bagi keadilan sosial/semua rakyat Indonesia tanpa memandang bulu. Eknomi Indonesia harus bisa mencukupi kebutuhan bangsa-bangsa di dunia. Hasil pertanian dan perkebunan, hasil laut, pertambangan dan energi, semuanya harus dimanfaatkan untuk menghidupi masyarakat Indonesia, setelah itu untuk mensuplai kebutuhan bangsa-bangsa. Prioritas rakyat Indonesia. Cukupi kebutuhan rakyat Indonesia sehingga tidak ada yang kelaparan di negeri sendiri. Gerakkan generasi muda untuk berjiwa interpreniur dan berjiwa ekonomi kerakyatan.
– Sosial Budaya. Indonesia harus perkasa di bidang sosial budaya. Pemuliaan kepada keanekaragaman suku, ras, agama adalah kewajiban dan prioritas. Budaya bangsa Indonesia sangat luar biasa karena memiliki nilai kearifan lokal yang sangat khas. Nilai-nilai itulah yang sampai saat ini memuliakan persatuan Indonesia. Nilai itulah yang mengikat masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke dari Rote sampai Miangas untuk berkomitmen hidup dalam kebersamaan dalam rumah besar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
– Pertahanan Keamanan. Indonesia harus perkasa dalam bidang pertahanan dan keamanan. Kekuatan militer Indonesia harus menjadi nomor satu di dunia. Kekuatan militer harus disegani bangsa-bangsa di dunia. Kekuatan Militer kita harus dapat mengamankan setiap jengkal tanah, air dan udara bumi persada nusantara.

Ketiga, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Kekal di Bumi Indonesia.
Pancasila dan UUD 1945 yang saat ini menjadi dasar hidup berbangsa dan bernegara merupakan terbaik dari yang terbaik. Pancasila merupakan pewahyuan Allah kepada Bangsa Indonesia melalui para pendidiri bangsa (founding fathers) Indonesia. Dasar negara inilah yang harus dipertahankan oleh rakyat Indonesia seumur langit. Artinya, dalam konsep milenium, Pancasila dan UUD 1945 harus seumur langit ‘kekal’ di bumi Indonesia. Nilai-nilai yang ada dalam Pancasila inilah yang harus kita pelihara, dan ajarkan kepada semua orang di kolong langit ini. Ini pekerjaan kita bersama, mengajarkan nilai itu kepada siapa saja sampai akhir hayat kita.

Keempat, Bangsa Indonesia Raja Damai di Bumi.
Bangsa Indonesia harus menjadi raja damai di bumi. Peran Indonesia di bumi ini ialah bagaimana Indonesia sebagai duta perdamaian di bumi. Indonesia harus mampu mendamaikan pihak-pihak yang bersengketa. Sebagai raja, Indonesia harus menjadi pemimpin perdamaian bagi semesta. Sebagai raja, maka ia harus memperlihatkan kepada dunia bahwa ia berkuasa melakukan dan menciptakan perdamaian itu. Maka tuntutan terbesar ialah bagaimana saat ini bangsa Indonesia harus mampu berdamai dengan dirinya sendiri. Rekonsiliasi sangat dibutuhkan untuk memulihkan luka bathin bangsa yang tercabik-cabik akibat pertikaian masa lalu. Singkirkan dan buang semuanya itu dalam rekonsiliasi nasional, Indonesia berdamai dengan dirinya sendiri dan sesama.

Keempat poin di atas adalah inti dari konsep milenium: INDONESIA PUSAT PARIWISATA DUNIA. Saya mendorong konsep ini segera dikaji dan dirumuskan oleh semua elemen bangsa baik universitas, pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatkan (civil society organisation), sehingga akan lahir sebuah kebijakan yang bermuara pada payung hukum konsep milenium.

Seyogianya, Bapak Presiden Republik Indonesia segera mempelajari konsep ini untuk didistribusikan kepada seluruh generasi muda Indonesia di mana saja mereka berada, didiskusikan dan diperdebatkan dalam sebuah kepentingan besar melahirkan Road Map Kebijakan Konsep Milenium: INDONESIA PUSAT PARIWISATA DUNIA.

Inspirator/sumber gagasan:
Nama: Abner Sarlis Tindi, S.Sos., M.A
Mahasiswa Doktor Studi Kebijakan Universitas Gadjah Mada (PDSK-UGM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: